manjemen proyek

Konsep dan manajemen proyek 
manajemen proyek adalah suatu keharusahan dalam pelaksanaan sebuah proyek.

Definisi proyek : Proyek adalah sebuah rangkaian aktivitas unik yang saling terkait untuk mencapai suatu tertentu dan di lakukan dalam periode tertentu.

Definisi manajemen : Manajemen selalu dikaitkan dengan usaha bersama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang berupa kesejahteraan dan kebahagiaan bagi semua orang / masyarakat dengan cara dan teknik yang terarah yang didukung oleh perlengkapan peralatan serta di laksanakan dengan urutan kegiatan tertentu dengan maksud agar dengan usaha yang minimal akan memperoleh hasil yang maksimal.

Didalam manajemen proyek juga terdapat koordinasi
Koordinasi adalah suatu kegiatan dari subsistem untuk mencapai sistem, menurut
1. WH Newman : koordinasi bersangkut dengan keselarasan dan penyatuan tindakan dari sekelompok orang.
2. GR Terry : Penyerasian yang teratur untuk menyiapkan jumlah yang cocok hingga menghasilkan tindakan harmonis.
3. James AF Stoner : Proses pemaduan sasaran dan kegiatan dari unit-unit kerja yang terpisah untuk mencapai tujuan yang efektif

menurut stoner dan walker pentingnya koordinasi :
1. atas ketergantungan kelompok : tergantung pada prestasi dari setiap unit
2. atas ketergantungan kelompok sekuensial : koordinasi itu di lakukan secara bertahap / berurutan
3. atas ketergantungan kelompok timbal balik : timbal balik yang saling menguntungkan

Pendekatan dalam koordinasi yang efektif
1. pendekatan potensi koordinasi
- sistem informasi vertikal
   contoh : mediator / penengah / fasilitator (yang bersifat netral)
- sistem informasi lateral
   contoh : mahasiswa dengan mahasiswa (BEM) (setara tingkatannya)
- sistem informasi manager penghubung
   contoh : manager sebuah proyek
2. pendekatan struktur koordinasi
Hal ini di lakukan apabila dirasakan adanya iklim yang tidak sehat pada unit-unit karena adanya penumpukan kegiatan pada satu unit.
contoh di bentuknya SATGAS

contoh Adendum Kontrak

Contract Change Order (CCO)   ADDENDUM SURAT PERJANJIAN (KONTRAK) PEKERJAAN : ........................................................

Saturday 21 April 2012

manjemen proyek

Konsep dan manajemen proyek 
manajemen proyek adalah suatu keharusahan dalam pelaksanaan sebuah proyek.

Definisi proyek : Proyek adalah sebuah rangkaian aktivitas unik yang saling terkait untuk mencapai suatu tertentu dan di lakukan dalam periode tertentu.

Definisi manajemen : Manajemen selalu dikaitkan dengan usaha bersama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang berupa kesejahteraan dan kebahagiaan bagi semua orang / masyarakat dengan cara dan teknik yang terarah yang didukung oleh perlengkapan peralatan serta di laksanakan dengan urutan kegiatan tertentu dengan maksud agar dengan usaha yang minimal akan memperoleh hasil yang maksimal.

Didalam manajemen proyek juga terdapat koordinasi
Koordinasi adalah suatu kegiatan dari subsistem untuk mencapai sistem, menurut
1. WH Newman : koordinasi bersangkut dengan keselarasan dan penyatuan tindakan dari sekelompok orang.
2. GR Terry : Penyerasian yang teratur untuk menyiapkan jumlah yang cocok hingga menghasilkan tindakan harmonis.
3. James AF Stoner : Proses pemaduan sasaran dan kegiatan dari unit-unit kerja yang terpisah untuk mencapai tujuan yang efektif

menurut stoner dan walker pentingnya koordinasi :
1. atas ketergantungan kelompok : tergantung pada prestasi dari setiap unit
2. atas ketergantungan kelompok sekuensial : koordinasi itu di lakukan secara bertahap / berurutan
3. atas ketergantungan kelompok timbal balik : timbal balik yang saling menguntungkan

Pendekatan dalam koordinasi yang efektif
1. pendekatan potensi koordinasi
- sistem informasi vertikal
   contoh : mediator / penengah / fasilitator (yang bersifat netral)
- sistem informasi lateral
   contoh : mahasiswa dengan mahasiswa (BEM) (setara tingkatannya)
- sistem informasi manager penghubung
   contoh : manager sebuah proyek
2. pendekatan struktur koordinasi
Hal ini di lakukan apabila dirasakan adanya iklim yang tidak sehat pada unit-unit karena adanya penumpukan kegiatan pada satu unit.
contoh di bentuknya SATGAS